Begini Persiapan Keluarga Mombassador SGM Eksplor Menghadapi Era New Normal

Hampir 3 bulan kita beraktivitas di rumah saja. Beberapa kota yang semula memberlakukan PSBB memutuskan untuk tak memperpanjang status PSBB dan beralih menuju new normal. Saya, sebagai Mombassador SGM Eksplor yang memiliki anak generasi maju, tentunya juga harus bersiap untuk menyambut new normal ini.

Bermain Bersama Bunda Inspirasi Kegiatan Selama #DiRumahAja

Bunda, ada yang sudah jenuh kah selama hampir 3 bulan beraktivitas di rumah saja?

Sama, saya pun kadang merasa jenuh di rumah terus. Kalau sudah jenuh, biasanya saya curhat ke suami. Setelah curhat, terasa agak lega. Habis curhat, kami lalu mencari-cari kegiatan yang kira-kira bakal menarik bagi anak-anak, bagi kami juga tentunya. Iya, kami memang jenuh di rumah terus, namun nggak boleh dong rasa jenuh ini menular ke anak-anak. Jadi anak-anak generasi maju itu harus dicarikan kegiatan yang menarik dan tetap bisa menstimulasi tumbuh kembangnya.

Karena cuma di rumah aja, jadilah internet menjadi satu-satunya sumber yang kami andalkan untuk mencari informasi kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Setelah berselancar, ketemulah saya dengan website https://generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda dan juga media sosial Aku Anak SGM.

Dari website Generasi Maju dan akun media sosial Aku AnakSGM, saya banyak mendapatkan informasi aktivitas yang menyenangkan dan sekaligus juga bisa mengasah potensi prestasi anak-anak.

Kembali Mengajak Anak ke Kebun

Sebelum ada pandemi Covid-19, saat akhir pekan, biasanya kami mengajak anak-anak ke kebun. Anak-anak bisa bermain sekaligus belajar di kebun. Mengenal aneka macam serangga, maupun belajar bercocok tanam.

Sejak pandemi, kami tak pernah lagi ke kebun. Suami saja yang masih rajin ke kebun, sementara saya dan anak-anak tetap di rumah. Dapat cerita dan kiriman foto saja tentang kondisi kebun.

Memasuki era new normal ini, kami mencoba mengajak anak-anak kembali bermain dan belajar ke kebun. Tentu saja tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker dalam perjalanan, membawa hand sanitizer, tissue basah dan juga baju ganti.

Memakai masker dalam perjalanan


Anak-anak senang sekali kembali diperbolehkan beraktivitas di kebun. Mennyiram tanah untuk menyemai benih dan juga memetik bayam yang sudah waktunya di panen.

Panen bayam merah

Mengamati belalang


Alhamdulillah, kami masih memiliki lahan yang luas yang bisa ditanami aneka macam sayuran, bahkan juga buah-buahan. Jadi, asupan nutrisi sayur dan buah untuk keluarga bisa tetap terjaga dengan baik.

Buah pepaya pun ada

Bagi bunda yang tinggal di perkotaan, dengan lahan yang sempit, tetap bisa kok mengajak anak-anak berkebun. Dengan memanfaatkan peralatan yang sederhana dan mudah diperoleh.

Masa sih? Berkebun di lahan sempit?

Bisa. Bunda tetap bisa berkebun di halaman rumah yang sempit. Kalau mau tahu cara dan perlengkapan yang dibutuhkan, bisa lho buka link website generasi maju di https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda/galeri-content?slug=mengajak-si-kecil-berkebun-sambil-belajar-cara-membuat-pot-sederahana

Persiapan Menghadapi Era New Normal

Mau tak mau, siap nggak siap, sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Termasuk dalam pemberlakukan kondisi new normal sekarang ini. New normal, bukan berarti kembali ke kondisi sebelum masa pandemi covid-19, melainkan kondisi penyesuaian dan pemberlakuan kebiasaan-kebiasaan baru untuk menangkal penyebaran virus Corona. Dan ini kebiasaan baru yang kami berlakukan di masa new normal ini :

1. Selalu memakai masker saat keluar rumah. Keluar rumah juga untuk urusan yang penting saja. Anak-anak masih tetap belum boleh sering ikut bepergian, main di halaman boleh.

2. Saat beraktivitas di luar rumah, tetap menjaga jarak dan meminimalisir interaksi. Tidak berjabat tangan dengan teman di tempat kerja.

3. Saat kembali dari beraktivitas di luar rumah, saya dan suami tak boleh langsung memegang anak-anak. Langsung masuk ke kamar mandi, mandi dan berganti pakaian. Setelah itu, baru boleh bersentuhan dengan anak-anak.

4. Memasak makanan yang kaya nutrisi, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

5. Memperbanyak membaca artikel yang ada di www.generasimaju.co.id untuk menambah wawasan, ilmu dan inspirasi terutama mengenai tumbuh kembang, nutrisi dan pola asuh anak.

Begitulah cara keluarga kami mempersiapkan diri menyambut era new normal. Semoga kondisi ini cepat berlalu ya Bun. Semoga keluarga kita tetap sehat dan terhindar dari paparan virus Corona. Mari kita tetap optimis bahwa kondisi ini akan segera berlalu. Tetap berpikir positif dan jaga kesehatan ya.

Komentar

  1. Sebenarnya lebih berhati-hati di era New normal. Karena kebanyakan orang salah mengartikan diberi sedikit kebebasan dan malah melalaikan akan protokol kesehatan.

    BalasHapus
  2. Halo mba, salam kenal. Seru ya kegiatan selama dirumah aja. Memang sih sudah mulai bosan, kudu pinter-pinter cari ide

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, ditunggu komen positifnya

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif Pandemi Corona, Masyarakat Mengenal Pembelajaran Online

Mengenal Situs dan Aplikasi Belajar Online : Rumah Belajar

Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills, HOTS)