Tetap Sehat Menjelang Puasa Ala Keluarga Generasi Maju

Bagaimana kabarnya Bunda? Tetap sabar membersamai anak-anak di rumah selama masa pandemi covid-19 kan tentunya? Kalau saya, sebagai Mombassador SGM Eksplor, alhamdulillah tetap semangat membersamai anak-anak di rumah. Karena anak generasi maju pasti mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

Tahun ini memang masa yang berat ya, sudah sebulan lebih kita di anjurkan di rumah saja, bahkan juga di bulan Ramadhan. Ramadhan tahun ini sudah pasti terasa berbeda bagi kami di banding tahun sebelumnya. Tak ada lagi jalan-jalan sore ke pasar takjil, tak ada tarawih di Masjid, tak ada jalan-jalan di pagi hari seusai subuh. Sedih ya pastinya. Namun kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi ini. Semua ini demi kebaikan kita bersama.


Menjalani Puasa di Masa Pandemi Covid-19


Berpuasa di masa pandemi ini jadi terasa lebih berat ya. Namun kalau kita ikhlas, maka pahala puasa kita pun insyaallah akan berlipat ganda. Ikhlas untuk tarawih di rumah saja. Anak-anak pun harus diajari ikhlas untuk mengaji di rumah saja bersama bundanya.
mengaji di rumah
Ngajinya di rumah aja bersama bunda

Nah supaya tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa di masa pandemi ini, saya harus selalu memperhatikan asupan nutrisi untuk keluarga. Terutama nih anak-anak.

Asupan nutrisi yang baik dan mencukupi dalam berbuka maupun sahur, akan mendukung tubuh tetap fit selama berpuasa. Saya selalu menyediakan sayur dan buah dalam menu berbuka maupun sahur. Saya juga mengurangi masakan bersantan dan pedas. Jadi selama puasa lebih banyak masak sayur bening. Bayam dan sawi dari kebun sendiri. Murah dan mudah cara memasaknya, namun jangan ragukan kandungan gizinya.
Menu makan bernutrisi dan ber gizi seimbang

Nutrisi yang baik dan gizi seimbang untuk keluarga terutama bagi anak-anak merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan asupan nutrisi yang baik, akan memperbesar imunitas anak.  Dengan imunitas tubuh yang baik, bisa menjadi penangkal bagi virus untuk bisa berkembang biak.

Selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah, saya pun selalu memberikan susu setiap sahur dan juga berbuka puasa. Bahkan, malam menjelang tidur pun kadang si kecil minta minum susu hangat. Meminum susu hangat menjelang tidur, membantunya untuk tidur lelap.
Minum susu 2x sehari

Jaga Kebersihan dengan Rajin Mencuci Tangan


Pola hidup bersih dan sehat, adalah anjuran yang juga sangat baik selama masa pandemi ini. Sebenarnya, setiap haripun kita harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat ini ya.

Salah satu pola hidup bersih dan sehat adalah rajin mencuci tangan. Kalau dulu, saya cuci tangan hanya sebelum dan setelah makan, itupun cuma sebentar dan kadang nggak pakai sabun. Sekarang kebiasaan itu berubah. Sekarang jadi lebih sering mencuci tangan dan selalu pakai sabun.

Ternyata, mencuci tangan itu nggak boleh asal-asalan. Ada prosedur mencuci tangan agar kalau ada virus yang menempel di tangan, virus itu akan mati karena terkena sabun.

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia sudah memberikan panduan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun dan air bersih mengalir.
  1. Basahi tangan dengan air
  2. Tuang sabun pada tangan secukupnya
  3. Gosok telapak tangan yang satu dengan telapak tangan satunya secara memutar
  4. Gosok punggung tangan  
  5. Gosok sela-sela jari baik telapak maupun punggung tangan
  6.  Bilas dengan air yang mengalir
  7. Keringkan tangan dengan menggunakan lap atau tissue
Biar lebih jelas, silakan cermati infografis dibawah ini ya.
1. Basahi tangan dengan air. 2. Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan. 3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya. 4. Gosok punggung tangan dan sela jari. 5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan. 6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar. 7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun. 8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir. 9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Baca selengkapnya di artikel "Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Cegah Virus Corona COVID-19", https://tirto.id/eCPj


Mudah diikuti kan tips mencuci tangannya? Infografis itu sudah sangat jelas menggambarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Infografis ini saya dapatkan dari Aku Anak SGM

Inspirasi nutrisi dan pengasuhan si kecil juga biasanya saya dapatkan dari website generasi maju. Mau konsultasi atau ngobrol langsung juga bisa lho, hubungi aja Careline SGM di 0800 1 360 360.

Stay safe ya Bunda. Selamat membersamai si kecil menjalankan ibadah puasa. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu.

Komentar

  1. Duh si dedek pinter banget rajin minum susu, biar sehat selalu ya dek :)

    Di bulan ramadan ini, butuh banget yang namanya nutrisi yang cukup.

    Karena puasa sekarang istimewa di masa pandemi ini.

    Semoga segera berlalu, aamiin, dan semoga kita semua selalu sehat aamiin :)

    BalasHapus
  2. Ngeliat anak mba Nanik rasanya gemes banget. Badannya sehat.syukurnya Anak-anak di rumah juga suka makan sayur.

    BalasHapus
  3. Yang berat adaptasinya mbak
    Awalnya rumah untuk istirahat sekarang seharian
    Mau keluar, takut tertular
    Semoga segera berlalu ya mbak

    BalasHapus
  4. Tetap fit dan produktif di bulan ramadhan memang wajib ya
    Apalagi skrg ini, jangan sampai sakit. Mau ke RS nanti malah makin sakit
    Hehe

    BalasHapus
  5. Minum susu, makan makanan bergizi dan cuci tangan juga diam di rumah jadi bentuk usaha kita menjaga kesehatan ya. Semoga pandemi cepat berlalu, supaya bisa kembali beribadah di masjid.

    BalasHapus
  6. Menjaga asupan gizi dimasa pandemi ini memang penting banget ya mba apalagi memasuki bulan puasa agar kita selalu fit, semoga keluarga kita selalu dilindungi dari segala penyakit ya mba

    BalasHapus
  7. Mesti banget niiih...mengalahkan keinginan jalan-jalan, keinginan ngabuburit, keinginan shalat tarawih di masjid. Pandemi korona akan sulit hilang kalau kitanya masih egois. Semoga sehat selalu ya sekeluarga.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah aku udah ikutan cuci tangan seperti ini sejak sering ikut kegiatan Kemenkes pusat dan Dinkes Semarang. Dan udah lama juga selalu cuci tangan dan kaki ketika mau masuk rumah abis pergi gitu, kebiasaan dari kecil yang aku tularkan pada anak-anak

    BalasHapus
  9. Beberapa orang pun mengalami hal yang sama yah mbak saat menjelang puasa dengan situasi pandemi gini. Saya pun tetep konsumsi nutrisi yang sehat. Kata ibu saya,ini kalo susu SGM dulu pun saya minum masih kecil. Memang bagus banget untuk kesehatan anak yh.

    BalasHapus
  10. Duuuh gumush deh sama si kecil. Pengen towel ppipinya boleh? hehe

    BalasHapus
  11. Hmmm, si dedek mah viking gemes bingit..

    Btw, untuk menjaga kesehatan memang kita lebih baik mengikuti protokol ya, bagaimana pun aturan/anjuran dibuat agar kita lebih safe dari pada yang sembrono.

    Semangat..

    BalasHapus
  12. Adek rajin minum susu. Sehat-sehat ya.

    Puasa di masa pandemi ini jadi luar biasa. Saya tiap hari masak yang nggak pedas. Cari amannya saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, ditunggu komen positifnya

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Situs dan Aplikasi Belajar Online : Rumah Belajar

Belajar di Rumah Bersama TVRI dan TV Edukasi

Dampak Positif Pandemi Corona, Masyarakat Mengenal Pembelajaran Online