Mengenal Situs dan Aplikasi Belajar Online : Rumah Belajar

Situs dan aplikasi belajar online sedang menjadi bintang saat ini menyusul himbauan agar anak sekolah belajar di rumah mulai 16 - 30 Maret 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang tengah melanda Indonesia. Karena siswa belajar di rumah, mau tak mau, teknologi harus digunakan untuk menjembatani proses belajar mengajar. Salah satu situs dan aplikasi yang direkomendasikan oleh kemdikbud adalah rumah belajar.



Rumah Belajar Kemdikbud


Rumah belajar dikembangkan sejak tahun 2011 oleh Pusat teknologi dan komunikasi (Pustekkom), yaitu sebuah unit pelaksana teknis (UPT) milik kemdikbud yang banyak mengembangkan model maupun media pembelajaran baik online maupun offline. Sejak tahun 2020, Pustekkom berubah namanya menjadi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).

Belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. 


Itulah tagline Rumah belajar. Rumah Belajar dirancang menjadi suatu repository dengan pendekatan OER (open education resource). Dengan pendekatan OER ini maka konten dibuat dan dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. Masyarakat boleh mengakses secara gratis dan boleh pula menyumbangkan kontennya ke Rumah Belajar. Tugas Pustekkom adalah mengelola Rumah Belajar dan memastikan bahwa semua konten yang diunggah ke Rumah Belajar sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan oleh Kemdikbud.

Rumah Belajar merupakan aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses dengan piranti apa saja (desktop, laptop maupun smart phone) dengan bantuan suatu browser. Alamatnya ada di http://belajar.kemdikbud.go.id
situs rumah belajar
Situs rumah belajar kemdikbud


Rumah Belajar juga sudah tersedia dalam versi Android sehingga semakin banyak kanal yang tersedia bagi pengguna untuk mengakses Rumah Belajar.

tampilan aplikasi rumah belajar kemdikbud
Aplikasi rumah belajar


7 Fitur Unggulan Rumah Belajar

Setiap tahun Pustekkom mengembangkan fitur dan konten di Rumah Belajar guna melengkapi kebutuhan pembelajaran untuk guru dan siswa. Setiap fitur memiliki fungsi yang berbeda dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sesuai kebutuhan.

8 fitur unggulan rumah belajar
Fitur-fitur rumah belajar

1. Sumber Belajar

Dari 7 fitur utama Rumah Belajar, hanya fitur SUMBER BELAJAR yang tidak memerlukan login akun pengguna. Anda dapat mengunduh konten dari Sumber Belajar tanpa harus login terlebih dahulu.
Sumber belajar
Sumber Belajar PAUD berisi konten dalam bentuk media audio dan video. Sumber Belajar SD berisi konten untuk kelas 4 hingga kelas 6 dalam bentuk multimedia interaktif, dimana setiap menu yang terdapat di dalamnya dapat diklik untuk mengetahui isinya. Juga terdapat menu latihan dan tes yang akan menampilkan skor atau nilai.

Sumber Belajar SMP dan SMA berbentuk multimedia interaktif dengan menu berada pada bagian samping kiri. Anda dapat mengklik setiap menu untuk mengetahui isinya. Tersedia juga menu latihan dan tes yang dapat dikerjakan berulang-ulang dan menampilkan skor hasil pengerjaan pengguna.

2. Bank Soal

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Bank Soal

Bank soal digunakan untuk melakukan evaluasi seperti latihan, ulangan, atau ujian. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai topik dan jenis evaluasi yang diinginkan.

3. Laboratorium Maya

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Terdapat beberapa menu yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, antara lain:
  • Melakukan percobaan secara online,
  • Mengunduh percobaan,
  • Teori yang dapat diunduh, berisi penjelasan penggunaan percobaan,
  • LKS yang dapat diunduh, berisi langkah-langkah percobaan dan pertanyaan yang terkait percobaan,
  • Referensi yang dapat isi oleh guru sebagai bahan bacaan tambahan untuk siswa,
  • Diskusi dan komentar yang dapat diisi oleh pengguna terkait percobaan yang dilakukan. 

Laboratorium Maya

4. Peta Budaya

Peta budaya merupakan fitur yang berisi penjelasan sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi di Indonesia. Guna memudahkan siswa mempelajari budaya Indonesia, tersedia pula game “Next Doorland”. Game ini dikembangkan untuk memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia, dan sudah tersedia dalam versi android.
Peta budaya

5. Wahana Jelajah Angkasa

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari sistem tata surya dan benda-benda ruang angkasa yaitu melalui fitur Wahana Jelajah Angkasa di Rumah Belajar.
Wahana jelajah angkasa

6. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Fitur PKB dapat Anda manfaatkan ketika mengikuti pelatihan secara daring. Anda hanya perlu masuk dan mencari jenis pelatihan yang tersedia, kemudian mendaftar pada kelas pelatihan tersebut. Selanjutnya Anda menunggu verifikasi dari penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti aktivitas belajar secara daring.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan

7. Kelas Digital

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
Kelas Maya

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai rumah belajar kemdikbud. Semoga bisa menjadi referensi bagi yang ingin bisa belajar online secara gratis.

Komentar

  1. Whoaaa ternyata resource untuk Home learning tuh banyaaakk banget ya Mba
    Asik asik, aku suka niih. bisa dicoba satu2 untuk belajar bareng bocils #DiRumahAja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi keasikan belajar juga nih Mba
      Makasiii sharing-nyaaa ya

      Hapus
    2. Jadi banyak pilihan belajar... tinggal memantapkan niat tetap beraktivitas selama di rumah

      Hapus
  2. Menarik ya. Kemdikbud update juga. Tapi untuk SD di atas disebutkan untuk kelas 4-6 ya. Kelas 1-3 gak ada? Ah nanti saya buka deh. Makasih review-nya, Mbak Nanik.

    BalasHapus
  3. Wah sekarang belajar semakin menyenangkan ya
    Terlebih difasilitasi kemendikbud
    Bisa untuk yang ngga sekolah formal dong ya

    BalasHapus
  4. Saat masa di rumah saja seperti sekarang, cocok ini untuk belajar di rumah. Anak anak bisa belajar asal dengan bantuan orang tua. Kalau Kemendikbud yang sediakan pasti ke pelosok-pelosok pun akan sampai

    BalasHapus
  5. Saat masa di rumah saja seperti sekarang, cocok ini untuk belajar di rumah. Anak anak bisa belajar asal dengan bantuan orang tua. Kalau Kemendikbud yang sediakan pasti ke pelosok-pelosok pun akan sampai

    BalasHapus
  6. Belajar dari mana saja semakin mudah dan menyenangkan sekarang ini ya, mba. Apalagi Kemendikbud juga memfasilitasi belajar online gratis, jadi semua yg punya internet dapat mengaksesnya.

    BalasHapus
  7. Yesss bgt nih, apalagi anak2 skrg lagi diliburkan sekolah nya jadi ttp bisa belajar kan. Dan yg bkn aku seneng tuh, beberapa hari yg lalu Telkomsel dan Indosat memberikan 30G gratis untuk menggunakan aplikasi belajar Ruang G***,jadi anak-anak makin anteng belajar di rumah.

    BalasHapus
  8. Wuih lengkap ya Mbak. Aku lo jadi pingin akses juga padahal bukan anak sekolah hahaha

    BalasHapus
  9. Cocok nih, lagi butuh bank soal buat anak di rumah. Biar nanti pas ujian semester ga kaget sama soalnya

    BalasHapus
  10. Aplikasinya lengkap banget ya mbak, jadi lebih memudahkan anak untuk belajar di rumah jadi nggak perlu kemana2, dan jelas pas banget untuk keadaan sekarang ini ya..

    BalasHapus
  11. Asik banget jaman now mah banyak cara untuk belajar yaa, ga ada alesan malas2an, udah dipermudah begini.
    Appsnya lebgkap banget, anak pun semoga senang bisa belajar kapanpun di rumah.

    BalasHapus
  12. Apa kabar Omah? Saya merasa kita sangat dekat dengan artikel yang omah buat. Tetap semangat mencerdaskan anak negeri ya Omah. Sehat selalu

    BalasHapus
  13. Nih kayaknya yang bakalan disukai anakku yang ada games Next Doorland. Belajar sambil ngegame gini bikin cepet nyanthelnya ya.

    BalasHapus
  14. Waduh waduh...kerennya. Akhirnya rilia juga website ruang belajar online dari kemdikbud. Langsung penasaran donk sama wahana luar angkasanya, secara aku sama anak bungsu punya ketertarikan yg sama

    BalasHapus
  15. Belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Tagline ini ngena banget bagi yang melakukan homeschooling seperti saat ini. Asal ada koneksi Internet yang kuat dirumah.

    BalasHapus
  16. Sekarang banyak ya situs untuk belajar gini, apalagi sekarang ini lagi musimnya Home Schooling untuk anak-anak. Jadi orang tua juga banyak pilihannya ya mbak.

    BalasHapus
  17. Fiturnya pada keren semua. Aku tertarik sama lab dsn jelajah angkasanya nih. Bisa betah deh belajar di Ruang Guru

    BalasHapus
  18. Menarik sekali informasinya terima kasih ya Mbak tentunya akan menambah informasi bagi ibu rumah tangga dalam mendampingi anaknya belajar di rumah

    BalasHapus
  19. Yang kelas digital related ya dg kondisi saat ini. Nice share Mbak Nanik jd inget lagi ttg situs Rumbel ini, dulu banget pernah buka kok sekarang lupa ada ini, tfs yaa

    BalasHapus
  20. Aplikasi maupun web belajar online saat ini merupakan titik kebangkitannya, sehingga musti dikerjakan dan disempurnakan dengan cepat, sehingga bisa semakin berguna untuk anak-anak didik. Sungguh beruntung kecepatan internet saat ini sudah sangat memadai.

    BalasHapus
  21. lengkap bgt ya mbak fiturnya. sayang aku udah gak sekolah lg di zamanku blom ada belajar2 online gini.. plg juga belajar komputer biasa hehe *jadul

    BalasHapus
  22. Sebenarnya memang udah banyak sekali ya Mba situs home learning. Hanya saja aku belum siap untuk membuat anak-anak pada home schooling. 6 tahun pendidikan dasar masih saya outsourcing kan ke sekolah dulu..

    Tapi di masa social distancing ini situs-situs ini sangat bermanfaat sekali buat orangtua dan anak

    BalasHapus
  23. Wah alhamdulillah ternyata kemendikbud ngeluarin web untuk belajar dirumah. Bisa saya coba sama anak nanti..terima kasih ya

    BalasHapus
  24. Wahh keren, ada solusi baru saat learn from home gini.
    Bisa buat anak TK gak ya?
    Coba intip2 ahh appsnya. Itu ada ruang angkasa juga. Anakku doyan bgt knowledge ttg outerspace.

    BalasHapus
  25. Oh rumah belajar itu dari kemdikbud ya. Aku baru tahu bun. Bermanfaat sekali ya aplikasi ini apalagi di saat-saat virus corona mewabah gini. Aplikasi ini hadir di tengah kita. Membantu sekali. Semoga virus ini segera berakhir ya, agar peran guru hadir kembali dalam pendidikan anak kita, walau tetap pendidikan utama itu di tangan orang tua. Semangat

    BalasHapus
  26. Wiuh lengkap sudah informasinya, semoga bisa membantu anak-anak yang sekolah di rumah ya

    BalasHapus
  27. Wew ada materi untuk anak PAUD ya, asyik. Anakku juga libur panjang dan sekarang ini sering ngeluh, 'ibu aku bosen.' Walau ada tugas juga dari guru sekolah lewat wa grup tapi ya tetep lebih banyak bengongnya.

    BalasHapus
  28. Web-nya lengkap ya Mba sebagai "rumah" untuk Anak-anak belajar, bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Memudahkan untuk tetap belajar walau di rumah seperti sekarang, memudahkan Orangtua juga yang bisa jadi pendamping selama Anak belajar. Aku langsung akses ke web-nya, makasih infonya ya Mba :)

    BalasHapus
  29. Wah kok aku baru tahu ada situs ini, baru kah ? emang sepatutnya kemendikbud juga memikili rumah untuk belajar bagi anak Indonesia, supaya pendidikan atau ilmunya lebih merata ke penjuru daerah secara internet sudah masuk sampe ke pelosok desa, tinggal kita share infonya biar mereka mengakses juga

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, lebih banyak pilihan untuk memfasilitasi Learning distance ini, seperti web/aplikasi Rumah Belajar ini, apalagi materinya juga lengkap pula mulai PAUD juga tersedia.

    BalasHapus
  31. Saat ini emang anak anak enggak di liburan ya tapi emang belajar di rumah dan asiknya yaa ada aplikasi seperti ini

    BalasHapus
  32. Waw ada paud jugaaa? Mau nyoba ah besok buat anak2 biar ga bosen di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nyoba ini masih ga sempet huhu padahal lumayan selama belajar di rumah ya mak

      Hapus
  33. Anakku yang kelas 9 diminta gurunya akses rutin Rumah Belajar ini, Mbak. Dan memang membantu sekali. Semoga bisa juga diakses dengan lancar oleh siswa di pelosok negeri

    BalasHapus
  34. Banyak juga ya ternyata. Sempat juga cari-cari kemarin yang gratisan dan tanpa iklan, hehe... ketemulah google classroom. Yang lain belum pelajari lebih jauh

    BalasHapus
  35. Saya baru tahu dengan aplikasi Rumah Belajar ini, fitur-fiturnya sangat menarik. Tidak hanya untuk siswa, umum kayaknya juga bisa menggunakan aplikasi ini

    BalasHapus
  36. Belajar bisa di mana saja ya, asal ada kuota internetnya. Bisa sambil rebahan di kamar juga tapi dapat ilmu.

    BalasHapus
  37. Kak..tampilan desktop blognya diaktifin biar enak bacanya.. btw saya sendiri baru familiar dengan ruang guru saja... dan semakin bertambah tahu dengan yang disharingkan diatas... 👍🏽👍🏽🙏🙏

    BalasHapus
  38. aplikasi belajar keren ini mah. asyik juga ya untuk anak-anak yang masih stay at home, bisa tetap belajar deh. seruuuu.

    BalasHapus
  39. Wah aq baru tau loh.. situs home learning kaya begini. Teman untuk para ibu membersamai anak belajar di rumah. Tapi kalo untuk anak yg sekolah tahfidz apa bisa ya? Hehe

    BalasHapus
  40. Wah ini pas bgt dipake anak2 buat belajar dirumah pas musim convid ini ya kak...

    BalasHapus
  41. Noted jadi salahsatu alternative e-learning yaa... dan harus kuat kuota juga 😁

    BalasHapus
  42. Nah kemendikbud udah mulai berinovasi. Pasa akhirnya rilis juga fortal belajar onlinenya. Oastinya lebih memudahkan semua pihak untuk terus melakukan proses belajar mengajar di tengah lockdown kayak gini

    BalasHapus
  43. Jadi solusi untuk yang belajar di rumah nih, jadi makin banyak hal bermanfaat ketika harus belajar di rumah. Cakep!

    BalasHapus
  44. mantap untuk reviewnya, aku share ke grup keluargaku nih untuk keponakan aku yg sekarang udah via daring semua

    BalasHapus
  45. Tentu hal ini harus disambut baik tuk para orang tua agar anak nya tetap belajar meski dirumah.
    Mengingat sekarang kondisinya belum begitu memungkinkan untuk keluar rumah.
    Terlebih lagi sekarang semakin bertambah yang terinfeksi virus covid-19.

    BalasHapus
  46. Wow...ada Bank Soal...keren...Zaman aku SMA, paling seneng lho latihan soal. Haha...Informasinya banyak banget Rumah Belajar. Maju terus...DikNas...

    BalasHapus
  47. Hihihi seruuu banget ini mbak. Berasa bermain sambil belajar ini. Bisa aku pakai ke anakku besok

    BalasHapus
  48. rumah belajar ini oke bgt sih, tp emang dlm bbrp hal masih butuh dibenahi biar makin enak kayak salah satu aplikasi yg terkenal itu.
    aplikasi dan web belajar gratis or berbayar gini memudahkan ortu di zaman sekarag. ga gt ribet harus anter ke sana sini. yg jelas pas bgt buat di rumah aja kyk sekarang

    BalasHapus
  49. Sebenarnya saya termasuk yang baru tahu adanya situs belajar online ini. Dan dengan adanya aplikasi belajar online dari Rumah belajar ini, membantu banget utk kegiatan belajar di rumah, terutama dengan diberlakukannya learning distance sekarang.

    BalasHapus
  50. info ini bagus nih untuk ponakanku yg masih sekolah. skrg mah enak apa2 serba online nggak ribet lg

    BalasHapus
  51. Aku baru nyobain fitur PKBnya aja karena kebenaran ada pelatihan dan sumber belajarnya dari situ. Bagus ini Kemendikbud sudah punya website sendiri agar siswa dan guru belajar mandiri.

    BalasHapus
  52. Kemdikbud kece euy... Aplikasi kaya gini udah bisa diakses umum ya. Seneng banget anak anak bisa belajar secara online. Pasti akan membantu banget nih untuk proses belajar anak di rumah.

    BalasHapus
  53. Rumah belajar ini lengkap ap2 gratis cuma memang kalah pamor dibandingkan yang sebelah iklannya ada dimana-mana Tapi sejak anak-anak banyak disuruh belajar di rumah para guru dan orangtua banyak memanfaatkan rumah belajar ini untuk tetap bisa memberikan pendidikan atau pengetahuan kepada anak-anak daripada hanya diam saja di rumah tanpa bertambah ilmu pengetahuan anak-anak dan kelas maya juga menjadi salah satu solusi untuk orang tua dan guru agar bisa menjadikan anak-anak tetap belajar meski di rumah saja mari kita sosialisasikan rumah belajar ini kepada orang tua yang lainnya karena Sayang jika tidak diakses dan tidak digunakan ini sudah lengkap sekali

    BalasHapus
  54. Kemarin aku nyari referensi buat anakku juga dari sini Mbak. Keren nih buat sekelas Kemdikbud.

    BalasHapus
  55. Aku dulu pernah mb install ini, tapi waktu itu lemot bngt....trus tak uninstall lagi.

    Trus blm nyoba lagi sekarang

    Coba deh, ntar aku coba lagi. Soalnya sering mati gaya juga aku anak2 di rumah, kadang megang hp..cuma buat nge game

    BalasHapus
  56. kalau sudah begini yang penting memang disiplin yaa mba..haru mau belajar dan belajar lagi dengan metode baru dan dari mana saja, bukan hanya di sekolah

    BalasHapus
  57. Aku dukung banget nih mulai bermunculan aplikasi-aplikasi penunjang belajar anak kaya gini, jadi belajar bukan lagi kegiatan yang memberatkan karena bisa dilakuin dimana aja ya mba. Makasih ya infonya

    BalasHapus
  58. Sepertinya mesti aku unduh nih aplikasi ruang belajar ini buat dampingi anak-anak belajar di rumah palagi gratis ya mba.

    BalasHapus
  59. Anakku yang SMK belajar online selama stay at home pakai Rumah Belajar karena sekolahnya pakai ini, kalau kata anakku sih lebih mudah.

    BalasHapus
  60. Aplikasi belajar seperti ini cocok banget digunakan di saat sekarang ketika anak-anak belajar di rumah ya. Cucok! :)

    BalasHapus
  61. aku baru tahu tentang rumah belajar ini alhamdulilah makin memudahkan banget buat belajar ya mba

    BalasHapus
  62. Waah cus ah nanti cek rumah belajar, di masa Social distancing ini anak perlu kegiatan yang banyak biar tetap happy dan fun...

    BalasHapus
  63. Cocok nih dengan kondisi belajar dari rumah. Semakin memudahkan untuk belajar

    BalasHapus
  64. Wah keren nih aplikasinya. Jadi meskipun di rumah tetap bisa belajar dan orang tua bisa mendampingi. Aplikasi ini layak dicoba supaya prestasi anak bisa meningkat☺

    BalasHapus
  65. Aku udah pernah buka Rumah Belajar ini, cuma belum sampai ngulik beneran. Sempat liat juga, ada materi2 buat anak PAUD, dan itu menunjang banget buatku

    BalasHapus
  66. Nah seharusnya aplikasi dari pemerintah ini yang harus terus dikembangkan. Jangan sampai setelah dibuat malah gak diupdate kan sayang udah habisin banyak anggaran. Semoga terus maju aplikasi rumah belajar aamiin

    BalasHapus
  67. wow baru tau loh ada aplikasi ini. seneng dong ya siswa/i yang butuh tambahan pelajaran bisa belajar via aplikasi ini, praktis banget...

    BalasHapus
  68. Semoga penemu ide dan programmer aplikasi belajar online ini selalu dimudahkan rejekinya oleh Allah SWT, karena sudah memudahkan anak-anak untuk belajar dari rumah.

    BalasHapus
  69. Kemarin aku sih nyobaik skill academy dari ruang guru. Kursus onlinenya sangat bermanfaat dan penjelasannya pun mudah dipahami, kebetulan juga kemarin ada promo gratis selama 14 hari.

    BalasHapus
  70. Bagus nie buat anak2 yang cepet banget merasa bosan, semoga terus berinovasi aplikasi rumah belajar sehingga gampang untuk diakses apalagi saat disuruh belajar di rumah.

    BalasHapus
  71. Saat sekarang ini memang perlu banget adanya situs maupun aplikasi untuk pembelajaran yah yang bisa diakses dari mana saja. Saatnya membagikan informasi ini juga ke anak murid biar bisa memanfaatkan secara tepat.

    BalasHapus
  72. Bapakku yang seorang guru beberapa kali cerita soal Rumah Belajar ini. Aku sendiri baru tau ternyata Kemdikbud punya platform untuk belajar online kayak gini di tengah berbagai tempat belajar berbayar, di saat study from home kayak gini, platform yang resmi dari pemerintah kayak gini harus lebih digalakkan promosinya biar masyarakat bisa tau dan anak-anak bisa belajar dair lebih banyak sumber

    BalasHapus
  73. aplikasi belajar kayak gini memudahkan banget buat anak2 belajar di rumah ya kak, apalagi saat social distancing kayak gini membantu banget biar anak nggak perlu keluar rumah buat belajar atupun bimbel

    BalasHapus
  74. jika dulu belajar harus datang ke sekolah makan sekarang belajar tidak haus ke sekolah, kita bisa belajar melalu website, karena sudab banyak sekali materi pelajaran yang di tulis dengan sangat jelas dan pembahasan yang sudah di pahami. BeHangat.com Juga belajar dari sana

    BalasHapus
  75. Wah lengkap banget ini..langsung bookmark nanti kasih lihat ke anak. Beberapa sudah dicoba untuk belajar, beberapa baru tahu. Tengkyuu

    BalasHapus
  76. Saya pake ruang guru untuk anak2 d rmh langganan untuk semester ini. Aplikasinya mudah. Pernah nyoba unduh yg gratisan yg punya kemendikbud berkali2 login ga koneksi. Coba pake hp suami sama. Isi datanya lbh ribet ada nama sekolah n wilayah... Jd curcol hahaha

    BalasHapus
  77. Ini juga salah satu aplikasi belajar yang digunakan anak bungsuku mbak. Katanya sih gampang menggunakannya

    BalasHapus
  78. Ya ampuuun aku baru tau Kemdikbud punya aplikasi belajar selengkap ini. Adikku udah tau belum, ya. Pas banget ini buat adikku yg masih SMP.

    BalasHapus
  79. Bagus ini Rumah Belajar. Aku sempat klik-klik juga ke sana. Lumayan lengkap sih informasinya. Semoga semakin canggih nih web KemenDikNas...

    BalasHapus
  80. Wah keren banget, dengan begini jadi bisa belajar dari rumah secara terarah dan efektif ya mbak:)

    BalasHapus
  81. Wah,menarik ini. Bisa buat bahan belajar anakku selama berkegiatan dari rumah. Kemendiknas Sekarang semakin inovatif ya kak

    BalasHapus
  82. Ini namnya aplikasi sempurna utk menghadapi pandemik corona yg menyebabkan anak hrus blajar d rumah y mbak

    BalasHapus
  83. Selama ini belum pernah belajar pakai aplikasi, tapi pengen nyoba sih asalkan gratis hehehe

    BalasHapus
  84. Sudah unduh, bagus buat belajar online, semoga ke depannya materi yang disajikan lebih tepat gun lagi

    BalasHapus
  85. wah keren situs dan aplikasinya paket komplit banget untuk memberikan anak jadi Pintar dan terus belajar

    BalasHapus
  86. Makin komplit ya. Tahun lalu tidak selengkap ini lho.
    Saya pernah coba karena memang anak-anak sudah mulai kelas akhir. Tapi mereka kurang betah mengerjakan soal di laptop.

    BalasHapus
  87. Kalo dipikir-pikir, banyak juga ya polihannya. Semoga bisa bantu lebih banyak pelajar buat belajar secara online.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, ditunggu komen positifnya

Postingan populer dari blog ini

Belajar di Rumah Bersama TVRI dan TV Edukasi

Dampak Positif Pandemi Corona, Masyarakat Mengenal Pembelajaran Online